Selasa, 02 Agustus 2011

ALAM PERMAI YANG TERSEMBUNYI DI DALAM LIARNYA HUTAN PAPUA

Pada bulan April-Juni 2011 kemarin saya dan beberapa teman kuliah mendapatkan kesempatan main-main di hutan Papua. Sebenarnya bukan murni "main", namun bisa dikatakan Praktek sekaligus main-main mencari pengalaman. Pada salah satu kesempatan disana, kami melakukan survey di salah satu lokasi hutan virgin yang akan dijadikan wilayah KPPN (Kawasan Pelestarian Plasma Nutfah). Maksud lokasi KPPN di sini adalah lokasi tersebut dilindungi, tidak akan dilakukan penebangan dan menjadi tempat pelestarian sumber daya genetik, baik flora maupun fauna.

Hal yang menarik adalah, di dalam lokasi tersebut ternyata terdapat air terjun kecil yang sangat indah serta lubuk yang jernih. Semuanya subhanallah, sangat indah dan murni ciptaan alam.

Air terjun yang saya temui berukuran kecil saja, namun sangat indah karena jika kita berdiri di atas batu dalam aliran air, kita dapat melihat pemandangan langit yang luar biasa. Tajuk yang terbuka di atas air terjun menimbulkan suasana alam yang indah ditambah dengan kicau burung liar dan beberapa burung yang sekedar numpang lewat.
Kemudian, jika mulai keluar dari dalam hutan dan menyusuri sungai di pinggiran hutan, akan ditemukan sebuah lubuk yang cukup dalam (hingga 3 meter jika musim hujan). Lubuk tersebut berwarna hijau kebiruan dan airnya pun bersih. Di atas lubuk terdapat akar-akar gantung yang menambah aroma hutan. Akan tetapi ketika hujan turun, lubuk menjadi agak keruh karena sungai membawa material-material tanah dari hulu. Di sepanjang lubuk pun terdapat pasir berwarna hitam. Pasir tersebut sangat halus, hampir mirip dengan pasir pantai sehingga dapat digunakan untuk membuat rumah pasir.
Begitu indahnya alam ciptaan Tuhan, hingga di dalam hutan yang keras dan liar pun terdapat suatu rona pemandangan yang indah dan menggoda..

1. Gambar-gambar air terjun mini

Air terjun mini kelerengan hingga 75%, dengan panjang lereng kurang lebih 15 meter

suasana di bawah air terjun.. banyak bebatuan yang menghadang air

pura-puranya meditasi..hehehee.. dasar si kribo
2. Gambar-gambar lubuk
penampakan lubuk dari depan.. airnya berwarna biru

tes kedalaman..hehehhee

tes kedalaman lagi..

keren kan lubuknya.. 

pasir di sekitar lubuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar